Image

Silaturrahim Insan Kesehatan Bersama Bupati Pamekasan

Dinas Kesehatan menggelar acara Silaturrahim Insan Kesehatan Pamekasan Bersama Bupati pada Selasa, 12 September 2023. Dalam acara tersebut, Dinas Kesehatan mengundang seluruh elemen pelayanan kesehatan baik di yang ada di Puskesmas maupun Rumah Sakit Umum Daerah Milik Kabupaten Pamekasan. Event ini sekaligus sebagai ajang lepas pisah antara Insan Kesehatan Kabupaten Pamekasan dengan Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan periode 2018-2023.

Acara silaturrahim ini dikemas dengan nuansa sukacita. Di bawah Kepemimpinan Bapak Bupati Baddrut Tamam, S.Psi, M.HP, Dinas Kesehatan memiliki peranan yang amat sangat strategis dalam mewujudkan visi misi Bupati terkait Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia. Dinas Kesehatan mampu melakukan sinergi dengan stakeholder terkait di bidang pelayanan, dalam hal ini, Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah. Hal tersebut juga hasil dari pengimplementasian Peraturan Bupati yang baru terkait Pembentukan UOBK (Unit Organisasi Bersifat Khusus) pada Rumah Sakit dan perubahan status menjadi BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) pada Rumah Sakit dan Puskesmas. Status ini membuat seluruh unit pelayanan kesehatan tersebut dapat berlari lebih kencang, lincah dan adaptif dalam menyusun strategi pelayanan kesehatan terutama terkait penganggaran dan capaian pendapatannya.

Selain nuansa sukacita, Dinas Kesehatan beserta Rumah Sakit juga menyuguhkan kilas balik perjalanan Bupati Pamekasan dalam usahanya untuk mewujudkan pelayanan prima di Kabupaten Pamekasan. Dimulai dari Hadirnya PCC (Pamekasan Call Care) yang kemudian diintegrasikan dengan Mobil SIGAP untuk setiap desa. Lalu pada 2020 ketika Dunia memasuki era pandemi, sebuah era yang tidak pernah diprediksi sebelumnya, Kabupaten Pamekasan pun menjadi salah satu yang paling sigap dalam mengantisipasi dan menangani permasalahan yang timbul dengan Dinas Kesehatan yang saat itu mengorkestrasi berbagaimacam pelayanan mulai dari preventif maupun kuratif. Alhamdulillah semua rintangan dan permasalahan dapat diselesaikan dengan baik. Setelah era pandemi mereda, Inovasi di Bidang Kesehatan yang bertumpu pada pelayananpun semakin ditingkatkan. Untuk Itulah UHC (Universal Health Coverage) hadir sebagai solusi kesehatan bagi seluruh masyarakat pamekasan. Saat implementasi UHC pun juga muncul kendala-kendala di lapangan, dan yang paling membekas yakni bagaimana kerjasama antara RSUD Waru Pamekasan dan BPJS juga menjadi terancam karena kebutuhan dasar seperti Dokter Spesialispun tidak terpenuhi. Lagi-lagi, Berkat Bantuan berbagai pihak utamanya saat itu Bapak Bupati Pamekasan turun langsung menyelesaikan permasalahan di RSUD Waru Pamekasan bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan. UHC pun akhirnya resmi bergulir dan semua masyarakat akhirnya terlayani. Perintah Bapak Bupati untuk bisa menyelesaikan permasalahan ketersediaan tenaga spesialis ini baik untuk jangka pendek maupun jangka menengah direspon dengan baik oleh RSUD Waru Pamekasan. Direktur RSUD Waru Pamekasan pun mengirimkan 2 Dokter Umum berstatus PNS untuk berangkat melanjutkan studi ke jenjang Spesialis sesuai kebutuhan RSUD Waru Pamekasan.

Pada akhirnya semua cita-cita yang diwujudkan dalam visi misi Bupati dan diimplementasikan ke dalam Program dan kegiatan pada setiap OPD (Organisasi Perangkat Daerah) bermuara pada satu hal: Kesejahteraan dan Keadlian sosial bagi seluruh masyarakat Pamekasan. Semua yang dilakukan dan dikerjakan tidak lain hanya untuk kebaikan bersama. Pemerintah hadir untuk memberikan solusi, Pemerintah hadir untuk memberikan perlindungan pada masyarakat. Dan sekali lagi kami Ucapkan Banyak terima kasih kepada Bapak Bupati atas pengabdiannya dan perhatiannya kepada kami dalam merangkul semua elemen, membawa kami ke dalam perjalanan dan petualangan yang tidak pernah kami dapatkan sebelumnya untuk mewujudkan Pamekasan Hebat, Pamekasan yang rajjha, bhajjra tor parjuga.

Passionate By WarxClo Team Media

Populer Diantara Kamu

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20